Aneka Festival Gastronomi di Macao

Aneka Festival Gastronomi di Macao Aneka Festival Gastronomi di Macao

Dipublikasikan pada 2020-03-27 15:43:56 Share


Predikat yang disandang Macao sebagai Creative City of Gastronomy dari UNESCO tidak muncul begitu saja. Kekayaan kuliner di sana mendukungnya. Namun, hal itu bukan satu-satunya. Gairah gastronomi di Macao juga terasa dari berbagai festivalnya.

Secara khusus Macao memiliki aneka festival terkait gastronomi. Kelas festival-festival ini tidak sembarangan. Tidak hanya skala lokal, levelnya sudah masuk tataran internasional.

Ingin merasakan kemeriahannya? Kenali dulu festival gastronomi di Macao berikut ini.

Macao Food Festival

Jika ingin menikmati kelezatan aneka hidangan di Macao tanpa perlu bingung, datang saja saat Macao Food Festival berlangsung. Ini adalah salah satu festival gastronomi terpopuler yang diadakan setiap tahun sejak tahun 2000.

Diselenggarakan oleh United Association of Food and Beverage Merchants of Macao, Macao Food Festival menyajikan pesta kuliner. Pengunjung bisa menikmati berbagai sajian khas lokal, Daratan Utama Cina, Eropa, Asia, hingga kawasan lain di dunia. 

Perhelatan biasa diselenggarakan pada November. Pengunjung pun bakal dipuaskan karena festival digelar selama 15 hari. Selama itu, banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Tidak hanya sekadar mencicipi aneka hidangan lezat, ada pula aneka hiburan dan permainan yang dapat dinikmati.

Macao Beef Cuisine Festival

Para penggemar masakan berbahan dasar daging harus datang ketika Macao Beef Cuisine Festival digelar. Biasa diselenggarakan di Rotunda de Carlos da Maia, ajang ini akan memanjakan selera penikmat kulinernya.

Saat itu bakal ada aneka makanan berbahan daging dijajakan. Jenisnya mulai dari cita rasa lokal hingga asing. Bukan hanya itu, suasana semarak akan terasa karena ada parade bertajuk Cowboy Parade yang selalu digelar. Semua itu masih ditambah dengan berbagai lucky draw maupun kuis berhadiah bagi pengunjung.

Macao Beef Cuisine Festival mulai diselenggarakan setiap tahun sejak 2011. Pengorganisasinya adalah Association of Macau Small and Medium Enterprises of Catering yang ingin memajukan penggiat kuliner skala kecil dan menengah di Macao.

 

International Cultural and Food Festival

Perhelatan ini merupakan gabungan antara festival yang semarak, aneka ekshibisi, pesta gastronomi, serta retail. International Cultural and Food Festival selalu menyedot perhatian khalayak sejak rutin digelar setiap tahun di Macau Fisherman’s Wharf mulai tahun 2010.

Diselenggarakan oleh Association of Macau Small and Medium Enterprises of Catering, festival ini memadukan pesta gastronomi dan budaya sekaligus. Banyak hidangan penuh rasa yang ditawarkan. 

Namun, pengunjung tidak hanya bisa mencicipi aneka makanan. Mereka dapat pula mengikuti demonstrasi memasak dari koki-koki ternama hingga workshop kuliner. Agar semakin semarak, penyelenggara juga kerap mengadakan berbagai pertunjukan budaya sebagai pelengkap. 

Association of Macau Small and Medium Enterprises of Catering berharap ajang ini tidak hanya menjadi pesta kuliner belaka. Lebih dari itu, mereka ingin mendukung industri katering berkembang. Pada akhirnya, perhelatan ini bakal menjadi wadah untuk bertukar pikiran dan kemampuan untuk mengembangkan diri di antara para peserta.

 

Myanmar and Southeast Asia Cuisine and Cultural Festival

Keragaman Macao tergambar jelas dalam Myanmar and Southeast Asia Cuisine and Cultural Festival. Ajang ini merupakan momen bagi komunitas Myanmar yang ada di sana untuk merayakan tahun baru Thingyan atau tahun baru Myanmar setiap April.

Mendapat dukungan penuh dari warga dan pemerintah Macao, festival rutin dilakukan sejak 2006. Myanmar and Southeast Asia Cuisine and Cultural Festival digulirkan sebagai bagian dari Myanmar Overseas Chinese Water Festival.

Selama itu komunitas Myanmar biasa menyajikan sajian lezat khasnya di Rotunda de Carlos da Maia. Namun, selain hidangan Myanmar, banyak pula masakan Asia Selatan yang ikut dijajakan. Sembari menikmatinya, pengunjung bisa menyaksikan aneka pertunjukan budaya Myanmar untuk memeriahkan tahun baru.

 

Kembali