20th macao logo circle

Berpetualang menjelajah Macao dan nikmati arsitektur, seni, tradisi, makanan dan komunitas di Macao yang mencerminkan integrasi budaya Cina, Barat dan Portugis.

East meets West!

Cangkir Kopi di Seantero Sudut Macao

24 Sep, 2019
Cangkir Kopi di Seantero Sudut Macao

Menikmati secangkir kopi di tempat nan eksotis bakal terasa luar biasa. Saat ke Macao, Anda bisa melakukannya. Banyak pilihan kopi yang dapat diminum seiring perkembangan kultur kopi di sana.

Sama seperti di belahan dunia lain, kultur kopi kian berkembang. Dulu kopi hanya sering dinikmati warga Macao di cha chaan teng, semacam kedai sederhana yang menyediakan berbagai jenis makanan mulai makan berat hingga makan ringan.

Orang Macao terbiasa bersantai di cha chaan teng. Mereka meminum kopi sembari menikmati kudapan atau menikmatinya sesudah sarapan. Namun, zaman dulu hanya ada sedikit pilihan cara menikmati kopi di sana. Orang hanya akan meminum kopi hitam yang dipanggang dengan metode dark roast atau mencampurnya dengan susu dan gula. Anda mencobanya untuk merasakan suasana tradisional di Macao.

Akan tetapi, saat ini, Kultur kopi tengah berkembang pesat di Macao. Ini membuat ragam pilihan cara menikmati kopi bertambah. Perkembangannya pun menjanjikan. Hal tersebut ditandai dengan semakin banyak coffee shop yang muncul di sana.

Secara khusus, perkembangan kultur kopi di Macao tidak lepas dari kaum muda. Mereka yang berandil besar dalam menumbuhkannya. Semua dimulai dari keingintahuan tentang berbagai jenis kopi. Akhirnya muncul keinginan untuk mencicipi hingga belajar meracik maupun melakukan persiapan membuat kopi enak. Dari situ kedai-kedai kopi tumbuh di seantero sudut Macao.

Ciri khas perkembangan kultur kopi di Macao begitu unik. Ketertarikan yang tinggi terhadap speciality coffee muncul dengan kuat. Masyarakat Macao mulai tertarik asal-usul biji kopi. Mereka juga sadar bahwa citarasa kopi berbeda-beda. 

Kondisi tersebut membuat mereka mulai serius untuk mempelajari dan menikmatinya. Tidak sedikit yang sampai pergi ke luar negeri untuk mempelajarinya. Kini buahnya terlihat. Kedai kopi dengan berbagai spesialisasi mudah ditemui di Macao. Wisatawan wajib mencobanya

DARI SISI TAIPA HINGGA MACAO

Wisatawan tidak perlu bingung mencari coffee shop yang layak untuk didatangi. Hampir di seantero sudut Macao terdapat kafe-kafe yang menyediakan segelas kopi bermutu tinggi. Anda bisa menemukannya dari sisi Taipa sampai sisi Macao dengan mudah.

Dimulai dari sisi Taipa, terdapat beberapa coffee shop yang pantas untuk dikunjungi. Di sana ada Quarter Square yang menyediakan house blend nikmat dari biji kopi asal luar negeri seperti Ethiopia, Panama, Nikaragua, dan Brasil. Lalu, bagi yang ingin kopi simpel nan lezat bisa mendatangi Lamgo Coffee & Roasting.

Sedangkan bagi yang ingin bersantai sembari menyecap secangkir kopi bersama-sama, Common Table bisa menjadi pilihan. Banyak juga pilihan makanan yang dapat melengkapi pengalaman meminum kopi di sana.

Sisi Macao tidak kalah dalam menawarkan kedai kopi berkualitas. Anda bisa langsung menuju Single Origin yang dikenal sebagai pusat para penggila kopi di Macao. Ragam biji kopinya sangat banyak. Mereka menyediakan biji kopi dari Afrika hingga Amerika. Begitu pula metode pembuatannya juga variatif.

Ada pula Terra yang terletak di Largo de Santo Agostinho. Menjual berbagai kopi dengan biji kopi dari Indonesia, Brasil, dan Kolombia, kedai kopi ini pantas menjadi persinggahan melepas lelah sesudah menelusuri kawasan bersejarah Macao.

Coffee shop lain seperti Communal Table, Wonderwall Coffee, Rethink Coffee Roaster, dan Cafe Philo juga tak kalah. Selain menawarkan segelas kopi nikmat, mereka menghadirkan suasana spesial karena berada di lokasi-lokasi terbaik untuk menikmati Macao. 

Siapkan waktu bagi Anda untuk mencicipi secangkir kopinya dengan paduan kudapan khas seperti egg tart. Perjalanan Anda di Macao bakal makin spesial.