Cha Chaan teng, Kedai Kopi Ala Macao

Cha Chaan teng, Kedai Kopi Ala Macao Cha Chaan teng, Kedai Kopi Ala Macao
Dipublikasikan pada 2020-03-27 16:42:45

Menikmati satu daerah lebih afdal dengan berbaur dengan warga lokal. Kalau ingin merasakan hal itu di Macao, datanglah ke cha chaan teng terdekat. “Kedai kopi” ala Macao ini biasa menjadi tempat orang berkumpul dan menghabiskan waktu.

Cha chaan teng bisa dibilang mirip dengan kedai kopi sederhana yang biasa ada di Indonesia. Namun, jika diterjemahkan secara harfiah, cha chaan teng sebenarnya berarti rumah teh atau restoran teh.

Tempat ini sering menjadi tujuan orang mencari makanan dan minuman sepanjang hari. Cha chaan teng biasa buka sejak pagi hari. Tidak heran banyak yang menjadikannya sebagai lokasi sarapan. 

Alhasil, bukan hal aneh ketika menemukan orang lokal yang berlama-lama menikmati pagi di sana. Setelah selesai memakan french toast, mereka akan meminum teh tarik sembari membaca koran dengan santai.

Akan tetapi, cha chaan teng tidak hanya buka pada pagi hari. Harga yang bersahabat dengan hidangan yang lezat menjadikan tempat ini sebagai lokasi makan siang hingga makan malam. Tidak sedikit pula cha chaan teng yang beroperasi hingga pukul 21.00.

Bukan itu saja, karena varian hidangannya sangat banyak, warga Macao kerap memilih cha chaan teng untuk menghabiskan waktu bersantai dan menikmati kudapan. Sekadar ingin minum kopi atau es kacang merah bisa dilakukan di sini. Sebagai pendamping, aneka pastry dapat pula diperoleh. 

Sekarang cha chaan teng sudah tersebar di seluruh penjuru Macao. Hampir di setiap sudut kota bisa ditemui. Coba saja cari di sekitar areamu berada. Dijamin akan ada cha chaan teng yang bisa didatangi.

Meski begitu, popularitasnya beragam. Di mata warga Macao, setiap cha chaan teng punya hidangan spesial tersendiri. Katakanlah ketika ingin menikmati wonton noodle soup, ada cha chaan teng tertentu yang dinilai lebih enak dibanding yang lain. 

Hal serupa berlaku bagi jenis makanan atau minuman lain. Oleh karenanya, pintar-pintarlah mencari informasi spesialiasi sebuah cha chaan teng untuk membuktikannya.

Kendati populer, cha chaan teng justru tidak berasal dari Macao. Keberadaannya pertama kali justru di Hong Kong. Cha chaan teng mulai ada di sana setelah Perang Dunia Kedua berakhir.

Awal kehadirannya sangat sederhana. Ketika itu orang-orang ingin menikmati hidangan ala Barat yang murah. Biasanya makanan tersebut selalu mahal. Ini mendorong orang untuk membuat cha chaan teng. Mereka memasukkan sajian khas Barat yang sederhana ke dalam menu.

Sambutan yang diterima sangat baik. Pelanggan menyukainya. Sejak itulah kultur cha chaan teng hadir dan menyebar ke berbagai daerah lain hingga ke Macao.

 

BISA PESAN APA SAJA 

Cha chaan teng memang sudah populer bagi warga Macao. Namun, bagi wisatawan, datang ke sana bisa menjadi pengalaman tersendiri. Banyak hal unik yang akan didapati dengan bersantap atau sekadar bersantai-santai di sana.

Ketika datang, segeralah cari tempat. Biasanya sudah akan tersedia menu yang memaparkan sajian yang tersedia di meja. Namun, banyak yang ditulis dalam bahasa lokal. Kalau tidak paham, jangan takut, kamu bisa memilihnya dengan melihat gambar.

Setelah mendapat tempat, pelayan akan mendatangi untuk menerima pesanan. Saat itu kamu bisa memesan makanan atau minuman yang diinginkan. Di cha chaan teng, variasi hidangan sangat banyak. Kamu bisa mendapatkan aneka minuman baik panas maupun dingin. Beberapa contoh yang terkenal antara lain teh tarik – 奶茶 (naai cha), kopi – 咖啡 (gaa fei), teh tarik bersama kopi – 鴛鴦 (yuen yeung), es teh lemon - 凍檸茶 (dong ling cha), dan 

Es kancang merah – 紅豆冰 (hong dau bing).

Lalu untuk makanan, jenisnya beragam mulai dari aneka jenis mi, sandwich, toast, serta berbagai pastry. Ingin makan nasi? Tidak usah khawatir, ragam hidangan yang menyertakan nasi tersedia seperti yeung chow fried rice – 揚州炒飯 (yeung chow chau fan), beef minchi with rice – 免治牛肉飯 (min zi ao yuk fan), fried fish with creamy corn sauce – 粟米斑腩飯 (suk mai ban lam fan), serta baked seafood rice – 焗海鮮飯 (kok hoi sin fan).

Perut sudah mulai lapar? Segera kunjungi cha chaan teng ketika tengah berada di Macao. Bukan saja hidangan lezat, pengalaman melihat aktivitas warga lokal bisa diperoleh.

Kembali