Crab Congee yang Menggugah Selera

Crab Congee yang Menggugah Selera Crab Congee yang Menggugah Selera

Dipublikasikan pada 2020-06-17 16:39:22 Share


Siapkan perut yang kosong ketika sedang berada di Macao. Banyak hidangan yang harus dicicipi. Salah satunya crab congee yang menggugah selera.

Crab congee merupakan bubur khas Cina yang dikembangkan di Macao. Berbahan dasar dari nasi, buburnya memiliki kekentalan yang pas. Rasanya yang gurih hadir dari campuran daun bawang di dalamnya. Namun, keberadaan daging kepiting yang menjadi pembeda dengan bubur-bubur lainnya.

Sesuai namanya, crab congee disajikan dengan daging kepiting. Dagingnya sudah tercacah dan dilepaskan dari cangkangnya. Saat menyantapnya, rasa manis seketika muncul dari daging kepiting yang masih segar. 

Perlu diketahui, dalam menyajikan crab congee, restoran-restoran di Macao sangat menjaga kesegarannya. Kepiting hidup disediakan dan baru akan dimasak sesuai pesanan. Berkat itu, kualitas dagingnya pasti terjamin.

Selain daging kepiting cincang, crab congee juga dilengkapi cangkang kepiting utuh. Seringkali warna kuning yang hadir dari hepatopankreas kepiting kian menambah selera. Setiap sendok yang masuk ke mulut menjanjikan permainan rasa yang berselera. Layak dicicipi untuk menambah energi sekaligus memanjakan diri ketika tengah mengeksplorasi Macao.

Bukan hanya lezat, crab congee memiliki sejarah panjang. Hidangan ini mulai populer di Macao pada era 1950-an. Kehadirannya tidak lepas dari keberadaan air payau di banyak tempat. Ternyata hal tersebut merupakan habitat yang cocok bagi kepiting.

Sejak saat itu, perburuan kepiting dilakukan. Crab congee pun hadir sebagai interpretasi atas bubur Cina yang sudah lebih dulu ada. Hasilnya adalah hidangan khas Macao yang penuh cita rasa.

Saat ini, kepiting-kepiting segar tidak lagi diambil dari perairan sekitar Macao. Lebih banyak kepiting yang dihadirkan dari daratan utama Cina. Kendati demikian, hal tersebut tidak mengurangi kelezatannya. Disajikan dalam kondisi segar, crab congee tetap akan memuaskan siapa saja yang menyantapnya.

 

TEMPAT MEMPEROLEH

Untuk menikmatinya pun tidak sulit. Banyak sekali restoran yang menyediakan crab congee. Pengunjung bisa memilih dari kelas kaki lima hingga restoran papan atas level bintang Michelin. Semuanya tersebar di seluruh penjuru Macao.

Anchor Meski begitu, sangat disarankan untuk memiliki restoran yang spesial menyajikan crab congee. Spesialisasi itu akan memastikan rasa yang dihadirkan tidak akan mengecewakan.

Nikmatilah kapan saja. Tidak seperti bubur ayam khas Indonesia yang populer untuk sarapan, crab congee biasa disantap warga Macao kapan saja. Banyak restoran yang menyediakannya sejak pagi hari. Namun, mereka pun masih buka hingga tengah malam. 

Jadi, ketika ingin makan pagi spesial, crab congee bisa menjadi pilihan. Tapi, saat ingin menyantap hidangan lezat pada malam hari, crab congee tetap pas.

Segeralah dimakan dalam kondisi hangat. Terlebih lagi ketika suhu di Macao tengah turun seperti pada musim dingin. Crab congee akan terasa cocok untuk menghangatkan badan.

Oleh karena itu, jangan sampai lupa. Masukkan kunjungan ke restoran penyedia crab congee ke dalam daftar rencana perjalanan di Macao. Momen menyantap crab congee yang legendaris pantang dilewatkan.

Kembali