20th macao logo circle

Berpetualang menjelajah Macao dan nikmati arsitektur, seni, tradisi, makanan dan komunitas di Macao yang mencerminkan integrasi budaya Cina, Barat dan Portugis.

East meets West!

Derap Balap Kuda di Macao

29 Oct, 2019
Derap Balap Kuda di Macao

Pesona Macao tidak akan ada habisnya jika mau mengeksplorasi berbagai sudutnya. Di balik ingar-bingar pusat hiburan di sana ternyata terdapat pacuan kuda yang menarik untuk ditonton. Kuda-kuda pacuan berlomba sebagai yang terbaik sekaligus menghibur penonton.

Suasana itu dapat dinikmati di area pacuan kuda yang berada di kawasan Taipa. Di sana balapan setiap akhir pekan. Akan ada perlombaan pada Jumat malam. Sesudahnya bisa ada balapan siang atau sore yang digelar Sabtu atau Minggu.

Selama itu, akan ada 12 kali balapan yang dilakukan. Namun, jumlah tersebut bisa bertambah menjadi 28 kali per pekan ketika musim balap kuda di Hong Kong libur. Biasanya balapan tambahan dilakukan pada hari Rabu.

Musim kompetisi berlangsung sejak September hingga Agustus tahun berikutnya. Untuk bisa menyaksikannya, segeralah menuju Taipa Racecourse. Area balap kuda yang dibangun pada 1980 ini mampu menampung 15 ribu penonton. Selain itu, ada deretan kandang yang bisa menampung 1.128 ekor kuda. 

Arena ini memiliki dua jenis lintasan berbeda. Bagian dalam lintasan berupa tanah berpasir dengan panjang 1.400 meter. Sedangkan lintasan bagian luar merupakan jalur rumput yang membentang sepanjang 1.600 meter.

Pengelolaan perlombaan ada di tangan Macao Jockey Club (MJC). Mereka yang mengorganisasi pertandingan sekaligus melakukan perawatan terhadap area maupun kuda-kuda pacu.

Upaya mereka tidak berjalan mudah. Pacuan kuda di Macao pernah kalah populer dibanding hajatan serupa di Hong Kong. Namun, seiring waktu, balapan kuda di Macao mulai menggeliat dengan strategi khusus.

Balap kuda di sini difokuskan untuk hiburan. Memakai konsep olahraga dan rekreasi, mereka hadir untuk menyedot perhatian turis. Diharapkan kuda-kuda yang berlomba akan mampu membuat wisatawan datang untuk menyaksikan keseruannya.

 

MOMEN UNTUK REKREASI

Tidak ada salahnya untuk mencoba mendatanginya ketika tengah di Macao. Keseruan suasana pacuan kuda begitu unik. Terdapat kemeriahan khas yang sukar diungkapkan dengan kata-kata. Adrenalin juga terpacu seiring derap kuda melaju di lintasan.

Balapan ini pun direkomendasikan sebagai salah satu aktivitas keluarga yang menarik. Wisatawan bisa datang bersama-sama keluarganya untuk menikmati keseruan perlombaan. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak akan terpesona oleh kemeriahan suasananya.

Pacuan kuda bisa semakin menarik ketika ada momen-momen khusus yang digelar. Pada bulan-bulan tertentu terdapat kejuaraan spesial yang digulirkan. Sebagai contoh pada Macao Derby setiap April atau Macao Gold Cup pada bulan Mei.

Terkadang balapan diramaikan oleh kuda-kuda dari luar negeri. Joki dan kuda terbaik dari negara lain didatangkan untuk berlomba dan menambah keseruannya.

Ajang ini pun dijalankan dengan bertanggung jawab. MJC menjamin keselamatan dan kesehatan kuda. Bagi mereka, prioritas utamanya adalah memastikan kuda-kuda selalu sehat dan terawat.

Saking serius, MJC menyiapkan rencana “pensiun” bagi para kuda pacu. Ketika mereka telah mulai menua dan tidak berlaga lagi, perawatannya tetap dijamin. Kuda-kuda akan terus mendapat pengawasan dari perawatnya maupun dokter hewan yang disiapkan.

Menarik sekali bukan? Cobalah siapkan waktu khusus untuk menyaksikannya. Derap kaki kuda yang berlomba menjadi yang tercepat akan membiusmu.