Eksotisme Pasar Tradisional di Macao

Eksotisme Pasar Tradisional di Macao Eksotisme Pasar Tradisional di Macao

Dipublikasikan pada 2020-04-06 08:59:05 Share


Wajah Macao yang sering tersaji ialah kawasan modern dengan fasilitas kelas satu termutakhir. Gambaran itu tidak salah. Deretan hotel dan resor mewah mudah ditemukan di sana. Begitu pula halnya dengan pusat hiburan glamor yang juga berderet-deret.
    Namun, tidak lengkap rasanya jika hanya menikmati wajah modern Macao. Masih ada sisi lain Macao yang layak dieksplorasi sebagai pelengkap kunjungan ke sana. Sebagai contoh, diam-diam Macao masih menyimpan nuansa tradisional yang eksotis. 
Suasana tersebut dapat ditemukan di beberapa pasar tradisional di sana. Ketika tengah berada di dekat gedung-gedung yang menjulang tinggi di Macao, cobalah langkahkan kaki ke berbagai area di sekitarnya. Bisa jadi di sana terdapat pasar tradisional eksotis yang menarik dijelajahi.
    Dari berbagai pasar tersebut, Red Market yang paling terkenal. Penamaannya mengacu kepada warna bangunannya. Terletak di persimpangan antara of Avenida Almirante Lacerda dan Avenida Horta e Costa, gedungnya mudah dikenali dengan warna merah menyolok.
    Red Market terdiri dari tiga lantai. Di sini pengunjung bisa mendapati aneka jenis bahan makanan segar. Di lantai dasar berderet para pedagang sayur-sayuran dan buah-buahan. Lalu di lantai kedua, pengunjung bisa mendapati berbagai jenis ikan. Sementara itu di lantai tiga dikhususkan untuk menjual bermacam-macam daging.
    Suasana Red Market nyaris mirip pasar segar di Indonesia. Namun, pengunjung tetap bisa menemukan berbagai jenis dagangan yang unik khas Macao. Sebagai contoh, selain bahan makanan segar, di sana juga berbagai produk awetan seperti aneka jenis kacang-kacangan serta olahan ikan dan daging bergaya Macao. Cocok sekali untuk oleh-oleh.
    Nilai plus lain, berkunjung ke Red Market juga mirip seperti sedang menjelajahi kawasan bersejarah Macao. Pasar ini termasuk bangunan historis. Gedungnya telah ada sejak 1936 setelah arsitek Júlio Alberto Basto mulai merancangnya dua tahun sebelumnya.
    Pada zaman dulu, Red Market berada di tepi laut. Nelayan bisa langsung menurunkan hasil tangkapan di sini. Lalu, para pedagang tinggal membongkar muatannya agar bisa langsung berjualan.
    Ada jam besar yang berada di tengah pasar. Di beberapa sisi terdapat pula menara kecil yang pada masa lalu berfungsi sebagai area pengawasan. Karena begitu bersejarah, Pemerintah Macao memasukkan Red Market ke dalam daftar bangunan historis yang dilindungi.
    Agar semakin bisa mendapat gambaran suasana Red Market pada zaman dulu, wisatawan bisa ganti menuju ke Patane Market. Lokasinya berada di sekitar Inner Harbour. Cobalah datang ke sini pagi-pagi sekali. Nanti akan ada para nelayan yang sibuk menurunkan hasil tangkapannya untuk dijual ke pasar.  
Tertarik terhadap salah satu ikan segar yang menggoda? Pengunjung bisa langsung membelinya dari tangan nelayan.

KESEMPATAN WISATA KULINER
    Daya tarik pasar tradisional di Macao bukan hanya suasananya yang eksotis. Di sana pengunjung dapat melihat keseharian orang lokal beraktivitas. Pas sekali bagi yang menyukai fotografi.
    Namun, bagi yang hanya ingin bersantai, pasar tradisional Macao menawarkan wisata kuliner yang dapat dicoba. Segeralah menuju ke S. Domingos Market. Terletak tidak jauh dari area wisata Senado Square, pasar ini memiliki banyak penjaja makanan yang menyajikan berbagai hidangan menggoda.
    Langsung saja mendatanginya. Pengunjung bisa membeli berbagai jenis hidangan khas Macao mulai dari makanan, minuman, hingga kudapan sedap. Jangan khawatir akan membayar mahal. Makanan minuman di sini dikenal murah.     
Makanan minuman dapat dibawa pulang. Namun, jika ingin makan di sana, pusat jajanan S. Domingo Market menyediakan tempat duduk. Dari sini pengunjung bisa menikmati hidangan di lantai dua sembari melihat pemandangan Macao.
    Sebagai variasi, pengalaman serupa ditawarkan oleh Iao Hong Market. Pengunjung bisa mendatanginya ketika ingin menikmati hidangan khas lokal yang berbeda. Sebelumnya mereka dapat lebih dulu menjelajahi pasar yang menawarkan aneka bahan makanan segar yang menarik. Waktu yang berlalu di Macao akan terasa semakin spesial.

Kembali