Gairah Seni di Dom Pedro V Theatre

Gairah Seni di Dom Pedro V Theatre Gairah Seni di Dom Pedro V Theatre
Dipublikasikan pada 2020-04-06 08:55:45

Perkembangan seni di Macao terus terjaga. Gairahnya dari waktu ke waktu kian tinggi. Jika ingin merasakannya secara nyata, kunjungilah Dom Pedro V Theatre.
    Terletak di Kawasan Bersejarah Macao, Dom Pedro V Theatre merupakan salah satu bangunan historis di sana. Dibangun pada 1860, teater ini dimasukkan oleh UNESCO ke dalam daftar World Heritage List.
    Putusan tersebut sangat tepat. Dom Pedro V Theatre memang memiliki sejarah panjang. Keberadaannya menjadi saksi perkembangan Macao secara umum dan gairah seni yang telah tumbuh sejak dulu.
    Kehadirannya berawal dari keinginan masyarakat Macao untuk memiliki teater yang bisa menjadi pusat kegiatan seni. Sebelumnya aneka pertunjukan seni digelar di berbagai tempat berbeda seperti di sekitar Rua da Prainha dan Praia do Manduco. Hal itulah yang akhirnya membulatkan tekad pendirian Dom Pedro V Theatre.
    Setelah berdiri, Dom Pedro V Theatre langsung menjadi sentra kegiatan seni di Macao. Pada masa awal-awal setelah berdiri, teater digunakan untuk pementasan opera, konser musik, hingga tari-tarian.
    Masyarakat Macao pun berlomba-lomba untuk datang. Dengan kapasitas 276 tempat duduk, Dom Pedro V Theatre selalu penuh. Maklum saja, reputasinya begitu apik. Teater ini tercatat sebagai teater ala Barat pertama di Cina. Kehadirannya bahkan langsung menjadi standar pembuatan teater di seantero Cina dan sekitarnya.
    Akan tetapi, seiring waktu, masa-masa sulit sempat dihadapi. Dom Pedro V Theatre pernah dinyatakan bangkrut pada 1876. Meski begitu, masyarakat Macao tidak rela teater kebanggaannya itu hancur. Sebuah klub eksklusif bernama lube União bersama para anggotannya mengambil alih kepemilikan. Mereka pun tercatat sebagai pemilik yang terhimpun di dalam Association of the Owners of Dom Pedro V Theatre.    
Di bawah kendali pemilik baru, Dom Pedro V Theatre mampu bangkit. Aneka pertunjukan seni hadir lagi. Lalu, mereka juga menambah daya tariknya dengan menghadirkan bioskop di sana. Lagi-lagi, inovasi itu menjadikan Dom Pedro V Theatre sebagai salah satu bioskop termaju pada zamannya.
Bukan hanya itu, teater mulai dibuka untuk berbagai kegiatan lain seperti pesta amal ataupun perjamuan keluarga. Ini membuatnya pemakaiannya kian intensif.

TAMPILAN INDAH
    Wisatawan harus menjadikan Dom Pedro V Theatre sebagai salah satu destinasi utama di Macao. Terlebih lagi bagi mereka yang menaruh perhatian khusus terhadap seni. Para penggemar seni akan benar-benar dimanjakan.
    Banyak sekali pertunjukan yang dipentaskan di sini saat ini. Dom Pedro V Theatre biasa menggelar opera, resital musik, pentas teater, hingga aneka pentas seni lain. Macao Orchestra dan Macao Chinese Orchestra juga bermarkas di sini sehingga sering melakukan pementasan.
    Disarankan untuk memesan tiketnya jauh-jauh hari sebelum menyaksikan satu pertunjukan. Antusiasme masyarakat Macao terhadap pagelaran seni di Dom Pedro V Theatre sangat tinggi. Tiket akan cepat habis.
    Namun, bagi yang hanya ingin menikmati keindahannya, Dom Pedro V Theatre juga dibuka untuk umum antara Rabu hingga Senin. Pengunjung bisa mendatanginya dari jam 10.00 hingga pukul 18.00 waktu setempat.
    Di sana wisatawan dapat melihat keindahan bangunannya. Bergaya neoklasik, bangunan luarnya mudah dikenali dengan paduan warna hijau dan putih yang elegan. Masuk ke dalam, terdapat area tempat duduk berbentuk oval yang mengelilingi panggung. Desainnya memungkinkan perhatian tertuju ke pementasan.
    Nuansa elegan semakin terasa ketika lampu-lampu kristal di dalamnya dinyalakan. Suasana terasa sungguh spesial ketika sebuah pentas tengah berlangsung. Saat bisa merasakannya langsung, siapa pun akan sadar betapa tinggi gairah seni di Macao.
 

Kembali