20th macao logo circle

Berpetualang menjelajah Macao dan nikmati arsitektur, seni, tradisi, makanan dan komunitas di Macao yang mencerminkan integrasi budaya Cina, Barat dan Portugis.

East meets West!

Histori Di Balik Sepiring Minchi di Macao

11 Oct, 2019
Histori Di Balik Sepiring Minchi di Macao

Jika menyebut hidangan khas Macao, orang sering menunjuk ke minchi. Saking populer, makanan ini sampai disebut makanan nasional Macao. Cukup beralasan karena selain lezat, sejarah panjang hadir di balik keberadaan sepiring minchi.

Apakah Minchi?

Minchi merupakan hidangan yang terbuat dari daging yang dipotong-potong disajikan bersama tumis potongan kentang dan bawang bombai. Biasanya disertakan dengan saus Worcestershire dan dilengapi sebutir telur goreng di atasnya dan nasi sebagai pelengkap.

Sejarah minchi di macao

Minchi diperkirakan berasal dari kata mince dalam bahasa Inggris. Hidangan ini diyakini dipopulerkan oleh komunitas berbahasa Inggris dari Hong Kong ke Macao.

Mengapa Minchi Spesial?

   • Minchi dinilai sebagai representasi terbaik hidangan fusion di Macao. Makanan ini merupakan perpaduan antara budaya kuliner Barat dan Timur yang melebur dengan indah. TIdak jarang juga minchi disebut kuliner khas macao.

   • Minchi merupakan salah satu hidangan terfavorit masyarakat Macao. Awalnya minchi disukai oleh kaum muda, namun belakangan menjadi kegemaran semua orang hingga menjadi makanan rumahan.

   • Minchi memang biasa disajikan dengan daging, namun terdapat ratusan resep dengan cita rasa berbeda-beda. Ini menjadikan resep otentik minchi mustahil dibakukan karena variannya yang begitu kaya.

   • Minchi bersama Lacassa Soup dan Babinca dipilih oleh pakar kuliner, Maria Cecília Jorge, sebagai hidangan terpenting dan paling bersejarah di Macao.

Tahukah Anda?

   Telur goreng yang disajikan dalam hidangan minchi ternyata menyimbolkan ikatan kuat dengan kultur Katolik Roma. Warna kuning dan putih telur dianggap sebagai representasi lambang Takhta Suci Vatikan.

Di mana Bisa Menikmatinya?

   Sebagai hidangan nasional, minchi bisa ditemukan di berbagai restoran di seluruh penjuru Macao. Namun, ada beberapa tempat yang direkomendasikan untuk menikmatinya.

   • APOMAC Macau : Sidonio Pais Avenue, No 49-B, ground floor Building China Plaza, Macao

   • Restaurant Litoral : 261A Rua do Almirante Sérgio Macao

   • Carlos : G/F, AR-AS Vista Magnífica Court, NAPE, Macao