Ka Ho Village yang Mulai Bersolek

Ka Ho Village yang Mulai Bersolek Ka Ho Village yang Mulai Bersolek

Dipublikasikan pada 2020-06-17 17:13:19 Share


Coloane sudah terkenal menjadi area yang diburu oleh mereka yang ingin menikmati suasana tradisional di Macao. Keberadaan Ka Ho Village akan membuat citra itu kian kuat. Mulai bersolek, Ka Ho Village akan menjadi daya tarik Coloane yang baru.
    Terletak di sisi timur laut, Ka Ho Village memiliki semua yang menjadi pesona Coloane. Areanya berada di tepi pantai dengan sejumlah perbukitan rimbun mengelilingi. Berbeda dengan kawasan lain di Macao, Ka Ho Village menawarkan suasana tenang khas pedesaan.
    Jangan terkecoh dari keadaan area di sekitarnya. Ka Ho Village memang dikelilingi oleh sejumlah pabrik dan pusat industri. Namun, tidak akan ada yang menyangka, di baliknya terdapat desa memesona yang menghadirkan kedamaian ala kampung-kampung kuno.
    Wisatawan wajib menjadikannya sebagai destinasi pilihan di Macao. Belakangan Ka Ho Village mulai berbenah. Sejak 2016, Pemerintah Macao mulai melakukan restorasi sejumlah bangunan penting di sana. Tercatat ada lima rumah khas komunitas Portugis diperbaiki. Rencananya rumah-rumah tersebut akan dijadikan lokasi tempat para seniman menampilkan karya-karyanya.
    Bukan hanya itu, sejumlah bangunan lain pun mulai ditata. Pusat-pusat peribadatan dicat ulang. Di sana terdapat kapel Our Lady of Old Sorrows yang dibangun pada 1966. Bangunan ini mudah dikenali dari salib besar di bagian fasad buah karya pematung Italia, Francisco Messima. Arsitekturnya yang unik akan membuat siapa pun tergoda untuk mengabadikannya dalam foto.
    Sam Seng Temple menjadi daya tarik lain. Kuil yang sudah ada sejak 1883 ini terus terawat hingga kini. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Kun Iam. Ini adalah kuil Budha yang didedikasikan untuk Dewi Welas Asih. Meski kecil, Kun Iam tetap memiliki pesona tersendiri.
Ka Ho Village patut dijelajahi sambil berjalan kaki. Banyak bangunan dan rumah-rumah kuno lain yang menarik. Paham dengan latar belakang terlebih dulu akan membuat penjelajahan semakin berwarna.
Perlu diketahui, sejarah Ka Ho Village sangat panjang. Keberadaannya diyakini telah ada sejak abad ke-19. Awalnya popularitasnya kurang mengenakkan. Desa ini sempat dijadikan sentra perawatan pasien lepra oleh Pemerintah Portugal pada 1885. Saat itu, mereka mendirikan The Ka Ho Leprosy Center di sana.
Namun, itulah yang menjadikan Ka Ho Village spesial. Ketulusan dan kebaikan hati yang murni terjadi di sini. Sejumlah pihak rela mendedikasikan hidupnya untuk merawat para pasien lepra. Paling terkenal ialah misionaris asal Italia, Don Gaetano Nicosia. Dengan sepenuh hati, ia melakukannya sehingga dijuluki Malaikat Pasien Lepra.
Pusat perawatan lepra itulah yang kini direstorasi menjadi lima buah rumah Portugis yang otentik. Sejarah tentang kemurnian hati itu akan tetap abadi dan menginspirasi para pengunjung yang datang.

ALAM YANG CANTIK


    Daya tarik Ka Ho Village bukan hanya sejarah dan peninggalan masa lalu. Desa ini juga punya bentang alam yang indah. Areanya berbukit-bukit dengan pepohonan yang masih terjaga. Cocok untuk sekali untuk hiking sembari menikmati keasrian pedesaan.
    Berjalan-jalan di sana menjadi favorit warga lokal Macao. Ka Ho Reservoir Natural Park biasanya menjadi pilihan. Suasana tenang dengan kicau burung bakal diperoleh. Akibatnya banyak yang senang bersantai-santai bersama keluarga di sini.
Ka Ho Reservoir Freshwater Wetland Ecological Zone bisa menjadi pilihan lain untuk menghabiskan waktu. Terletak di bagian selatan Ka Ho Village, danau ini menawarkan pesona alam yang tidak kalah menarik.
Bergeser sedikit ke barat, wisatawan akan menemukan Ka Ho Height Barbecue Park. Pada akhir pekan, terutama siang hari, area ini akan dipenuhi warga lokal yang berkumpul bersama keluarganya untuk makan bersama. 
Di sini pengunjung dibebaskan untuk memanggang hidangan yang dibawa. Akhirnya banyak yang memanfaatkannya untuk pesta sekeluarga. Seru sekali. 
Pengalaman itu hanya akan diperoleh di Ka Ho Village yang menawarkan suasana Macao yang berbeda.

Kembali