20th macao logo circle

Berpetualang menjelajah Macao dan nikmati arsitektur, seni, tradisi, makanan dan komunitas di Macao yang mencerminkan integrasi budaya Cina, Barat dan Portugis.

East meets West!

Kelezatan Masakan Kanton di Macao

23 Dec, 2019
Kelezatan Masakan Kanton di Macao

Berkunjung ke macao untuk menikmati Kekayaan kuliner Macao tidak usah dipertanyakan lagi. Predikat sebagai Creative City of Grastronomy yang disematkan oleh UNESCO menjadi buktinya. Tidak percaya? Coba saja mencicipi aneka jenis masakan Kanton di sana.

Sebagai area yang terletak di Asia Timur, dunia kuliner Macao tidak lepas dari pengaruh masakan Cina. Di sana berbagai jenis masakan tersebut berkembang pesat. Sampai-sampai Macao dapat disejajarkan dengan Hong Kong dan Shanghai yang dikenal sebagai pusatnya di dunia.

Secara umum, masakan Cina dibagi menjadi delapan gaya utama. Kanton adalah salah satunya. Gaya masakan ini berdampingan dengan masakan Sichuan, Jiangsu, Zhejiang, Fujian, Hunan, Anhui, dan Shandong.

Di Macao, makanan khas Kanton justru dinilai sangat otentik. Pasalnya, area ini nyaris tidak terpengaruh Perang Dunia Kedua yang sempat menghancurkan Asia Timur. Begitu pula hanya dengan Revolusi Budaya pada 1950-an yang tidak menyentuhnya. Berkat itu semua, orisinalitas dan perkembangan masakan terus terjaga setiap waktu.

Wisatawan harus mencicipinya ketika tengah berada di Macao. Banyak sekali restoran dengan berbagai kelas yang menyajikan masakan Kanton. 

Ingin menikmati dengan suasana sederhana di rumah makan kecil di pinggir jalan? Mudah saja. Langkahkah kaki ke sejumlah jalan untuk memperolehnya. Niscaya bakal cepat ditemukan yang menjualnya.

Jika ingin lebih pengalaman kuliner lebih istimewa, pilih saja sejumlah restoran ternama. Tidak sedikit restoran di Macao yang berhasil mendapat bintang Michelin. Beberapa di antaranya juga dikenal menyajikan masakan Kanton sebagai sajian utamanya.

Sebagai gambaran, saat ini 18 restoran di Macao yang memperoleh bintang Michelin. Dari jumlah itu, tiga di antaranya berlabel Tiga Bintang Michelin dan lima lainnya mendapatkan Dua Bintang Michelin. Sisanya memperoleh Satu Bintang Michelin.

Dari 18 restoran tersebut, tujuh di antaranya yang menjadikan masakan Kanton sebagai menu utama. Salah satunya meraih Tiga Bintang Michelin dan sisanya memperoleh Satu Bintang Michelin.

Pencapaian tersebut menunjukkan betapa tinggi budaya kuliner Macao, khususnya terkait masakan Kanton. Tentu saja hal tersebut pantang dilewatkan begitu saja. Anda bisa mencicipi sejumlah hidangan khasnya seperti aneka dim sum, noodle soup, glutinous rice, char siu, congee, mi wonton, bebek panggang, hingga nasi goreng Yangzhou. Lidah Anda pasti akan dimanjakan.

BERKEMBANG MENGIKUTI ZAMAN

Macao memang berhasil mempertahankan cita rasa masakan Kanton yang orisinal. Namun, bukan berarti tidak ada perubahan yang berarti. Justru sebaliknya, aneka jenis hidangan selalu berkembang mengikuti zaman.

Menurut salah seorang chef ternama Macao, Tam Kwok Fung, masakan Kanton pasti melihat tren yang ada. Ia menyebutkan restoran-restoran pasti akan mendengarkan keinginan dari konsumen. Alhasil, tidak perlu takut bahwa hidangan yang disajikan akan selalu sama sehingga membosankan.

Kondisi dan perkembangan zaman malah semakin meningkat kreativitas juru masak di Macao. Sebagai contoh sekarang aneka bahan baku segar yang menjadi inti masakan Kanton kian mudah diperoleh. Untuk mendapatkannya pun semakin cepat. Akibatnya ini memudahkan untuk menghadirkan hidangan terbaik.

Hal-hal seperti itu membuat perkembangan masakan Kanton di Macao bertambah pesat. Belum lagi dengan keberadaan pengaruh gaya memasak Barat yang kental di di sana. Ini semakin membuat cita rasa yang dihadirkan semakin unik.