20th macao logo circle

Berpetualang menjelajah Macao dan nikmati arsitektur, seni, tradisi, makanan dan komunitas di Macao yang mencerminkan integrasi budaya Cina, Barat dan Portugis.

East meets West!

Ketahui Hal Berikut Ini Sebelum ke Macao

11 Oct, 2019
Ketahui Hal Berikut Ini Sebelum ke Macao

Perjalanan yang indah perlu perencanaan yang optimal. Sama saja ketika hendak melancong ke Macao, kamu perlu tahu sejumlah hal penting terlebih dulu sebelum berangkat. Inilah beberapa di antaranya.

Izin Masuk

Untuk pergi ke Macao, warga negara Indonesia tidak perlu membuat visa. Hanya menggunakan paspor saja, kamu akan diberi izin masuk selama 30 hari di sana.

Cara Ke Sana

Opsi 1:

Untuk menuju Macao, wisatawan bisa langsung ke Macao International Aiport. Namun, tidak ada penerbangan langsung ke sana dari Indonesia.

Opsi 2:

Wisatawan bisa ke Macao dengan terbang dulu ke Hong Kong. Dari sana perjalanan dapat dilanjutkan dengan naik kapal selama satu jam.

Ada dua pilihan kapal yang bisa digunakan. Pertama adalah TurboJet yang berangkat setiap 15 menit dari Hong Kong International Airport (HKIA), Shun Tak Centre, atau Hong Kong China Ferry Terminal. Kedua ialah Cotai Jet yang berlayar setiap 30 menit dengan akses langsung ke Cotai Strip dan Taipa Island.

Opsi 3:

Wisatawan dapat menuju Macao dari Hong Kong dengan menggunakan bus. Penumpang bisa memilih dua tipe bus, yakni premium dan reguler. Bus premium dioperasikan oleh One Bus dan HK-Mo Express yang bisa berangkat dari pusat kota Hong Kong dan langsung menuju ke beberapa hotel di Macao.

Sedangkan bus reguler berangkat dari HZMB Hong Kong Port menuju Macao Port. Bus ini beroperasi selama 24 jam dengan lama perjalanan 30 menit. Penumpang harus menunggu antara 5 hingga 15 menit untuk setiap keberangkatan.

Mata Uang

Macao memiliki mata uang sendiri, yakni Macao Pataca (MOP). Namun, mata uang Hong Kong Dollars juga diterima di sana. Meski begitu, hal tersebut tidak berlaku sebaliknya di Hong Kong. 1 MOP: +/- Rp1.720,-

Iklim

Macao beriklim subtropis dengan suhu rata-rata tahunan sekitar 20 derajat celcius. Namun, ada masa sekitar 100 hari ketika suhunya di atas 30 derajat celcius. Lalu, suhu bisa turun mencapai 10 deajat celcius selama 30 harian.

Musim Semi : Musim semi hadir pada Maret hingga April. Saat ini, matahari bersinar namun sesekali hujan dan kabut hadir. Wisatawan disarankan menyiapkan jaket tipis selama musim ini.

Musim Panas : Summer di Macao berlangsung sejak Mei hingga September. Cuaca cerah dan panas sehingga cocok untuk beraktivitas di luar ruangan. Namun, sesekali badai topan akan muncul.

Musim Gugur : Musim gugur biasanya berlangsung sejak Oktober hingga Desember. Saat ini suhu mulai turun. Namun, masa ini dinilai sebagai momen terbaik untuk datang ke Macao.

Musim Dingin : Winter di Macao hadir sejak Januari hingga Februari. Suhu bisa turun ke titik terendah. Wisatawan diharapkan memakai baju hangat selama itu.

Bahasa

Ada dua bahasa resmi di Macao yakni Bahasa Kanton dan Portugis. Namun, warga lokal lebih sering berbicara dalam Bahasa Kanton. Meski begitu, di titik-titik wisata utama, warga bisa berbahasa Inggris.

Lama Kunjungan

Macao hanya seluas 32,9 kilometer persegi. Wisatawan bisa mengeksplorasi dengan maksimal dalam tiga hingga empat hari.