20th macao logo circle

Berpetualang menjelajah Macao dan nikmati arsitektur, seni, tradisi, makanan dan komunitas di Macao yang mencerminkan integrasi budaya Cina, Barat dan Portugis.

East meets West!

Kunjungi Museum-museum Terbaik Macao.

23 Sep, 2019
Kunjungi Museum-museum Terbaik Macao.

Sebagai destinasi dengan peradaban eksotis, Macao kaya dengan sejarah. Beruntung banyak di antara kekayaan historisnya yang tersimpan dengan baik di sejumlah museum. Mengunjunginya akan membuat wisatawan memahami Macao lebih mendalam. Untuk itu, segera datangi beberapa museum terbaik di Macao berikut ini.

Macao Museum

Macao Museum

Museum yang wajib dikunjungi ketika tengah berada di Macao. Usahakan untuk menghadirinya pada awal-awal kedatangan. Pasalnya, Macao Museum dapat menjadi pengantar yang tepat untuk memperlihatkan perkembangan Macao dari sebuah pelabuhan nelayan kecil hingga menjadi area yang maju seperti sekarang.
Banyak koleksi yang menarik di dalamnya. Pengunjung bisa melihat ragam benda seni dan kekayaan budaya Macao. Di lantai pertama, Macao Museum menyuguhkan sejarah Macao mulai dari perdagangan, agama, kultur, hingga perpaduan Barat dan Timur yang memadu apik.
Sementara itu, koleksi tentang beragam tradisi dan perayaan populer di Macao ada di lantai dua. Di sini pengunjung bisa melihat keragamannya dengan lebih detail. Lalu, berbagai presentasi tentang Macao kontemporer dapat dilihat di lantai 3. Sisi ini juga memperlihatkan bagaimana pihak lain memandang dan menggambarkan Macao.
Lokasi    : No. 112, Praceta do Museu de Macao, Macao

Taipa Houses Museum

Taipa Houses Museum

Museum ini terdiri dari lima bangunan yang memiliki tema berbeda-beda. Di dalamnya ditampilkan segmen berbeda-beda, yakni Macanese Living Museum,  Exhibitions Gallery, Creative Casa, Nostalgic House, dan House for Reception.
Dari deretan segmen yang dipertontonkannya tersebut, Taipa House Museum hendak menunjukkan kehidupan orang Macao pada zaman kolonial dulu. Lalu, dipertunjukkan pula kilasan sejarah kawasan Taipa dan Coloane. Berkat itu, pengunjung dapat tahu gambaran Macao hingga sekitar abad ke-20.
    Taipa House Museum juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit karena keindahan dan nilai sejarahnya yang tinggi. Pada 1992, bekas perumahan kaum berada pada zaman dulu ini ditetapkan sebagai satu dari delapan bangunan terpenting di Macao karena kecantikan dan nilai arsitektur yang begitu tinggi. Ini menjadi nilai plus tersendiri bagi para pengunjungnya.
Lokasi    : Avenida da Praia, Carmo Zone, Taipa, Macao.

Macao Museum of Art

Macao Museum Art

Satu-satunya museum yang didedikasikan untuk seni di Macao. Wisatawan wajib mengunjunginya untuk beragam koleksi karya seni lokal Macao yang indah. Di dalamnya ditampilkan berbagai jenis benda seni seperti kaligrafi, lukisan, foto, hingga artefak bernilai tinggi.
    Macao Museum of Art memiliki area pameran permanen yang mengedepankan perkembangan seni lokal hingga Cina Selatan. Namun, ada pula bagian nonpermanen yang menghadirkan koleksi yang berganti-ganti sesuai dengan tema. Contoh yang pernah dipertunjukkan di sana adalah koleksi lukisan zaman Dinasiti Qing serta lukisan pada masa awal Meksiko.
    Museum seluas 10.192 meter persegi ini juga mempunyai ruang audio visual yang ditujukan untuk memberi edukasi tentang seni. Keberadaan Palace Museum Shop di sana makin memperkaya koleksinya.
Lokasi    : Av. Xian Xing Hai, Macao

Macao Science Center

Macao Science museum

Museum modern yang menjadi sarana yang tepat untuk mengenalkan sains secara menyenangkan.
Terdapat beberapa galeri yang digunakan untuk area ekshibisi tema yang berbeda-beda seperti Science for Young Adults, Technology, Environment, dan Lifestyle.
Di dalamnya juga terdapat planetarium dengan teknologi 3D mutakhir yang sangat menghibur. Mendatanginya tidak akan terasa bosan karena beragam pengalaman menarik ditawarkan. Oleh karena itu, Macao Science Center pantas menjadi museum yang wajib dikunjungi di Macao.
Jangan takut untuk membawa anak karena nuansa hiburannya sangat tinggi sehingga sains tidak membosankan. Lagi pula ada area Children Science Gallery yang khusus diperuntukkan untuk pendidikan anak.
Lokasi    : Avenida Dr. Sun Yat-Sen, Macao