20th macao logo circle

Berpetualang menjelajah Macao dan nikmati arsitektur, seni, tradisi, makanan dan komunitas di Macao yang mencerminkan integrasi budaya Cina, Barat dan Portugis.

East meets West!

Landmark Unik Macao yang Layak Dikunjungi

24 Sep, 2019

Menjelajahi satu destinasi bakal semakin terasa semakin bermakna jika paham detail daerahnya. Terkadang dengan tahu informasi mendalam tentang satu landmark saja bisa membawa perbedaan. Kunjungan akan lebih berkesan.

Cobalah untuk melakukannya ketika tengah di Macao. Banyak landmark unik yang menarik untuk dikunjungi. Tempat-tempat tersebut pun memiliki nilai sejarah dan informasi yang pantas untuk diketahui.

Apa sajakah itu? Inilah deretan landmark spesial yang layak dilihat di Macao.

Patung Perunggu Xian Xinghai

Perunggu Xian Xinghai

Ketika tengah berjalan-jalan di sekitar persimpangan Avenida Xian Xing Hai and Rua de Berlim, cobalah melihat-lihat lebih cermat. Anda akan bisa menemukan sebuah patung berbahan perunggu yang berdiri dengan kokoh.

Dengan bagian dasar beton, patung ini dikelilingi sejumlah tanaman penghias. Bentuknya berupa muka manusia dengan jari yang melentik. Ya, sesuai dengan tulisan yang ada di sana, itulah patung yang menggambarkan diri Xian Xinghai. Xian Xinghai adalah seorang musisi ternama asal Cina. Ia dikenal mampu menelurkan sejumlah karya monumental. Salah satunya ialah Yellow River Cantata. Lagu ini dipandang sebagai nyanyian pujian dan penyemangat bagi rakyat untuk mempertahankan tanah kelahirannya.

Mengetahui kisah patung perunggu tersebut akan membuat kunjungan ke Macao makin bermakna. Anda bisa menikmati keindahan patungnya sembari memahami sejarah di balik pendiriannya.

Monumen Vasco da Gama

Monumen Vasco da gama

Di sudut Rua de Ferreira do Amaral terdapat sebuah taman kecil. Terletak persis di depan Royal Hotel, di dalam taman statue that marks the existence of the Vasco da Gama Monument. Itulah landmark yang khusus dihadirkan untuk menghormati penjelajah terkenal asal Portugal tersebut.

Vasco da Gama ialah orang yang pertama kali membuka jalur pelayaran dari Eropa ke India. Ia yang membuka sekat perdagangan antara Barat dan Timur. Keberhasilannya dalam melakukan eksplorasi tersebut berhasil mengubah kondisi dunia. Macao juga menikmati dampak kiprah Vasco da Gama. Berkat jalur perdagangan tersebut, areanya berkembang menjadi pusat maritim yang penting pada masa lalu.

Lotus Square

Lotus Square

Saat melintasi Rua Luís Gonzaga Gomes, keberadaan Lotus Square akan sangat menonjol. Patung bunga lotus berwarna kuning emas ini menjulang setinggi 6 meter. Bagian bawah bunga Patung ini merupakan hadiah dari State Council of China. Didirikan pada 1999 untuk memperingati kembalinya kedaulatan Macao ke tangan Cina. Bentuknya sebagai bunga lotus yang berkembang maksimal menggambar harapan akan kemakmuran bagi Macao sepanjang masa.

Desain Lotus Square juga penuh makna. Tiga lapisan batu granit merah di bawahnya serta jumlah daun bunga lotusnya menyimbolkan tiga tempat utama di Macao yakni, Macao Peninsula, Taipa Island, dan Coloane Island.

Patung Kun Iam

Patung Kun Iam

Patung Kun Iam merupakan salah satu landmark unik Macao yang layak dikunjungi. Berada di tepi laut, tepatnya di Outer Harbour, patung ini didirikan sebagai penghormatan untuk Dewi Kun Iam. Patungnya begitu cantik dan megah setinggi 20 meter. Berbahan utama perunggu, di bagian dasar patung terdapat kubah berbentuk bunga lotus yang menggambarkan perpaduan tiga kepercayaan sekaligus, yakni Budha, Taoisme, dan Konfusianisme.

Wisatawan bisa mendatanginya untuk melihat pemandangan cantik Patung Kun Iam saat senja. Sembari menunggu waktu, mereka dapat berbelanja suvenir maupun buku-buku dari Cultural Institute yang ada di sana.