20th macao logo circle

Berpetualang menjelajah Macao dan nikmati arsitektur, seni, tradisi, makanan dan komunitas di Macao yang mencerminkan integrasi budaya Cina, Barat dan Portugis.

East meets West!

Menikmati Teh Khas Macao

21 Aug, 2019
Menikmati Teh Khas Macao

Salah satu yang pantang dilewatkan ketika berada di Macao adalah menikmati ragam kulinernya. Dari sekian banyak pilihan yang ada, teh bisa dijadikan prioritas. Selain menawarkan aneka jenis rasa dan aroma, teh khas Macao kaya dengan sejarah panjang.

Teh merupakan salah satu minuman terpopuler di dunia. Diperkirakan tidak kurang dari dua juta orang di muka Bumi ini yang rutin meminum teh setiap hari. Di balik fenomena tersebut, Macao memiliki jasa besar.

Mengapa seperti itu ? Sebelum populer di dunia, teh mulanya lebih dulu dikenal di kawasan Asia Timur, terkhusus Cina. Namun, sejak abad ke-16, teh mulai diperkenalkan ke Eropa, hingga akhirnya mulai mendapat popularitas tinggi berkat penyebaran yang dilakukan oleh bangsa Portugis ke seluruh penjuru dunia. Dari sinilah teh diperkenalkan ke Eropa oleh bangsa Portugis hingga akhirnya mendunia seperti sekarang.

“Macao adalah basis dari budaya teh bangsa-bangsa berbahasa Portugis dan gerbang yang mengantarkannya ke seluruh penjuru dunia,” papar peneliti dari Jinan University, Professor Jin Guoping.

Fakta tersebut memperlihatkan bahwa negara yang jadi bagian dari cina ini memiliki posisi penting dalam industri teh dunia. Peran dan sejarahnya begitu besar. Tidak heran, teh khas Macao memiliki teh berkualitas sehingga daya tarik tersendiri yang pantang untuk dilewatkan.

Sebagai daerah dengan budaya Cina yang kental, teh Macao pada dasarnya merupakan teh khas Cina dengan segala ragamnya. Di sana terdapat berbagai jenis teh yang siap untuk diseduh. Kamu bisa mencicipi teh dengan pilihan antara lain teh hijau, teh oolong, teh hitam, hingga scented tea.

Wisatawan mudah menemukannya di berbagai sudut Macao. Maklum saja, teh sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Orang-orang Macao biasa meminumnya baik sesudah makan atau ketika tengah merayakan sebuah acara khusus.

“Orang Cina biasa minum teh secara teratur dan menyajikan teh merupakan bagian integral dari budaya,” kata pakar teh dari Wynn Macao, Fiona Wan.

CARA MENIKMATI

Menikmati teh di Macao tidak harus dilakukan dengan seremoni khusus. Saat bersantai pun teh tetap bisa dinikmati. Ada beragam cara untuk melakukannya. Wisatawan bisa meminumnya dengan cara tradisional khas Cina. Teh disajikan lengkap dengan cangkir, gelas, dan tatakan khusus dari kayu yang eksotis.

Ragam teh yang ditawarkan pun bisa dipilih sesuai selera. Namun, pakar teh Cina menganjurkan jenis teh terbaik yang dinikmati disesuaikan dengan musim yang dilalui. Sebagai contoh, ketika musim dingin tiba, disarankan untuk meminum teh hitam. Lalu pada musim panas, teh hijau paling cocok. Lain halnya ketika musim gugur. Saat itu, teh oolong dinilai paling pas. Sebaliknya scented tea dianggap sesuai untuk musim semi.

Meski begitu, wisatawan bisa pula menikmati teh Macao dengan sentuhan fusion. Teh dipadu dengan kudapan khas Portugis. Ada sejumlah cafe di Macao yang menghidangkan secangkir teh. Salah satunya Casa da Rocha.