20th macao logo circle

Berpetualang menjelajah Macao dan nikmati arsitektur, seni, tradisi, makanan dan komunitas di Macao yang mencerminkan integrasi budaya Cina, Barat dan Portugis.

East meets West!

Museum yang Harus Dikunjungi Untuk Melihat Sejarah Macao

12 Nov, 2019
Museum yang Harus Dikunjungi Untuk Melihat Sejarah Macao

Kultur Macao sangatlah unik. Di sini budaya Timur dan Barat bisa berpadu dan berdampingan dalam harmoni. 

Kalau ingin tahu sejarah panjangnya, kamu bisa mendatangi beberapa museum di sana. Museum-museum tersebut punya aneka koleksi dan informasi tentang Macao yang lengkap. Inilah sejumlah museum tersebut.

Macao Museum

Museum dengan tiga lantai ini menyimpan koleksi sejarah Macao yang lengkap. Begitu masuk ke lantai pertama pengunjung akan disuguhi cerita sejarah Macao. Informasi yang diberikan menarik karena disajikan secara visual.

Lanjut ke lantai dua dan tiga tersimpan berbagai produk terkait kultur, tradisi, seni, hingga kepercayaan yang ada di Macao. Di sini pengunjung dapat menemukan aneka jenis keramik, furnitur, diorama, hingga relik yang bersejarah.

Posisi museum yang ada di dalam Mount Fortress menjadi nilai plus. Sembari melihat koleksinya, pengunjung bisa menikmati keindahan taman di sana serta suasana Macao dari ketinggian Mount Hill.

Waktu Buka : Selasa - Minggu (pukul 10.00 - 18.00)

Alamat : 112 Praceta do Museu de Macao, Macao.

Museum of Taipa & Coloane History

Taipa Village merupakan area yang tersisa dari suasana Macao pada zaman dulu. Agar semakin mengetahuinya, wisatawan dapat mengunjungi Museum of Taipa & Coloane History. Melalui aneka koleksinya seperti artefak, relik, hingga benda-benda antik lain, museum ini dapat memperlihatkan kekayaan budaya di Taipa dan Coloane.

Sesudah mengunjungi museum dua lantai ini, pengunjung dipastikan bisa memperoleh gambaran tentang Macao pada zaman dulu. Terlihat jelas bagaimana cara hidup, kebijaksanaan, hingga kepercayaan yang berkembang di Taipa dan Coloane dari waktu ke waktu.

Waktu Buka : Selasa-Minggu (pukul 10.00 - 18.00)

Alamat : Rua Correia da Silva, Taipa.

Handover Gift Museum of Macao

Resmi dibuka pada tahun 2004, Handover Gift Museum of Macao memperlihatkan sejarah besar di Macao. Museum ini hadir sebagai wadah untuk menyimpan aneka koleksi hadiah yang diberikan berbagai pihak kepada Pemerintah Macao ketika resmi kembali ke Cina pada 20 Desember 1999.

Hadiah-hadiah tersebut beraneka ragam. Pemberinya pun dari banyak pihak. Namun, semuanya memiliki misi untuk memberi ucapan selamat dan doa agar Macao selalu dilimpahi kemakmuran. Melihat ragam hadiah itu bisa menjadi pengalaman menarik untuk lebih tahu tentang sejarah Macao modern.

Waktu Buka : Selasa-Minggu (pukul 10.00 - 19.00)

Alamat : Avenida Xiang Xin Hai, Macao

Macao Maritime Museum

Sesuai namanya, Macao Maritime Museum menampilkan sejarah panjang dunia maritim di Macao. Koleksinya bertujuan untuk menyingkap historis Macao sebagai pusat perdagangan dan perikanan pada abad ke-15 hingga abad ke-17.

Di sini pengunjung akan menemukan koleksi alat-alat yang digunakan pelaut. Dipamerkan pula berbagai jenis kapal yang dipakai hingga cara pembuatannya. Tradisi dan cara hidup para nelayan masa lalu pun diperlihatkan dengan cantik. Salah satu yang menarik terkait dengan kisah Dewi A-Ma yang dipercaya sebagai pelindung Macao.

Koleksi Macao Maritime Museum dilengkapi pula dengan informasi berbagai jenis ikan yang ada di sekitar perairan Macao. Meski memfokuskan diri terhadap sejarah maritim di sana, museum ini tidak akan terasa membosankan.

Waktu Buka : Rabu - Senin (pukul 10.00 - 18.00)

Alamat : 1 Largo do Pagode da Barra,  Macao

Macao Tea Culture House

Museum ini mengkhususkan diri terhadap segalanya tentang teh. Bukan rahasia lagi, teh menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat Macao. Di sini dipaparkan tentang berbagai jenis teh, cara pembuatan, hingga teknik penyajian yang menarik. Pengunjung bahkan bisa juga mencicipinya di sini.

Meski fokus koleksi terkait teh, Macao Tea Culture House berarti penting dalam memperlihatkan sejarah Macao. Diyakini teh akhirnya bisa menyebar ke seluruh penjuru dunia sesudah diperdagangkan ke Eropa dari Macao.

Waktu Buka : Selasa - Minggu (pukul 09.00 - 19.00)

Alamat : Avenida do Conselheiro de Almeida, Lou Lim Ioc Garden, Macao.