20th macao logo circle

Berpetualang menjelajah Macao dan nikmati arsitektur, seni, tradisi, makanan dan komunitas di Macao yang mencerminkan integrasi budaya Cina, Barat dan Portugis.

East meets West!

Nikmati Kuliner Khas Macau dengan Cita Rasa Fusion Pertama di Dunia

02 Aug, 2019
Nikmati Kuliner Khas Macau dengan Cita Rasa Fusion Pertama di Dunia

Berkunjung ke Macau tidak akan lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya. Hidangan yang ditawarkan di sana begitu unik dan menarik. Bahkan, cita rasa makanannya merupakan hidangan fusion pertama di dunia, sehingga patut dicoba. Hidangan fusion merupakan perpaduan nuansa kuliner antara dua atau lebih budaya yang berbeda. Banyak yang meyakini kuliner fusion hadir pada era 1970-an ketika dikembangkan oleh chef-chef ternama di Barat. Namun, sebenarnya tidak seperti itu. Perpaduan dua budaya kuliner telah ada sejak ratusan tahun lalu seiring dengan kehadiran bangsa Portugis di sana. Hal tersebut terlihat dari berbagai jenis hidangan khas Macau yang terkenal.

Salah satunya Macanese Egg Tart. Bukan rahasia lagi, Portugis juga memiliki resep egg tart yang menjadi ciri khasnya. Namun, egg tart yang ada ditambahkan sentuhan budaya Timur dan jadilah egg tart versi Macau yang terkenal kenikmatannya. Macanese Egg Tart hadir dari eksperimen seorang ahli farmasi asal Inggris bernama Andrew Stow. Suatu saat ia mencicipi egg tart khas di Portugal dan langsung menyukainya. Stow kemudian kembali ke Macau dan mengembangkan egg tart versinya. Sisanya adalah sejarah. Egg tart muncul sebagai salah satu kudapan paling ikonik. Daftar hidangan fusion di Macau yang lain masih panjang. Wisatawan masih bisa memilih untuk menikmati hidangan khas seperti minchi, serradura, African Chicken dan lain sebagainya. Semua hidangan fusion yang ditawarkan itu sangat memanjakan lidah.

CITA RASA NAN UNIK

Hidangan khas Macau berbeda dan memiliki cita rasa yang unik. Sepintas beberapa jenis makanan memang mirip dengan hidangan Barat. Namun, jika dirasakan pasti ada sentuhan khusus di dalamnya. Selalu terdapat penambahan gaya kuliner Timur. Entah dalam teknik pemasakan atau bahan-bahan yang dipakai, sentuhan oriental akan mewarnai. Namun, Hal inilah yang membuatnya kian menarik karena rasanya begitu otentik dan hanya dapat dirasakan di Macau.

Saat ini perkembangan kuliner di Macau terutama hidangan fusion kian membaik. Mulanya jenis hidangan ini cuma dikenal sebagai makanan rumahan. Namun, belakangan para chef lokal tergerak untuk melestarikan sekaligus membangkitkan hidangan khas Macau. Jadilah kini semakin banyak restoran yang menyajikan hidangan khas Macau. Kamu bisa mencarinya di beberapa tempat seperti Taipa Village, Coloane, dan Songbo Village. Namun, bukan tak mungkin kamu akan menemukan restoran yang menyajikan makanan otentik Macau ketika tengah berjalan-jalan menjelajahi kota. Tertarik untuk mencobanya?