20th macao logo circle

Berpetualang menjelajah Macao dan nikmati arsitektur, seni, tradisi, makanan dan komunitas di Macao yang mencerminkan integrasi budaya Cina, Barat dan Portugis.

East meets West!

Panorama Indah Macao Dari Guia Fortress

18 Nov, 2019
Panorama Indah Macao Dari Guia Fortress

Keindahan Macao sangat terkenal. Dengan beberapa kawasan berbukit serta perairan di sekelilingnya, suasana kota begitu cantik. Jika ingin menikmati panoramanya dengan maksimal, pastikan untuk mendatangi area Guia Fortress di macao.

Sesuai namanya, Guia Fortress merupakan bekas benteng yang pernah menjadi pusat militer. Sebelum tahun 1976, area ini menjadi kawasan tertutup. Namun, sekarang, karena keindahannya, benteng Guia Fortress di macao berkembang menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Tidak berlebihan karena banyak hal yang ditawarkan oleh benteng yang dibangun pada 1622 hingga 1638 ini.

Mulai dari pesona alam yang memukau. Berdiri di atas Guia Hill yang merupakan bukit tertinggi di Macao, daya tariknya langsung terlihat. Pengunjung bisa melihat panorama memukau Macao dari sini.

Pemandangan Macao dari segala sudut terlihat jelas. Ketika hari sedang cerah, jangkauan pandangan bisa mencapai 20 km. Berkat itu, pengunjung dapat menyaksikan perairan Macao hingga Hong Kong maupun daratan utama Cina dari kejauhan.

Kelebihan itu sempat dimanfaatkan oleh otoritas Macao pada zaman dulu untuk membangun mercu suar. Menjulang setinggi 15 meter, bangunan tersebut tercatat sebagai mercu suar modern pertama yang ada di Cina.

Saat ini mercu suar memang tidak lagi berfungsi. Namun, keberadaannya tetap dilestarikan. Banyak pengunjung yang suka mendatanginya terutama ketika hari mendekati senja. Dari sana pemandangan Macao akan terlihat spektakuler. Ini membuat area ini populer untuk berfoto atau memotret panorama Macao dari ketinggian. Selain itu, area tersebut dijuluki benteng yang indah di macao.

Tepat di sebelahnya ada Chapel of Our Lady of Guia. Kapel bersejarah ini dibangun pada 1626 dengan bahan utama batu granit. Bangunan ini juga menjadi daya tarik lain. Di dalamnya terdapat sejumlah lukisan dengan berbagai tema terkait mitologi dan religi. Namun, penggambarannya diwujudkan dengan nuansa Timur dan Barat. Tidak aneh Chapel of Our Lady of Guia dianggap sebagai salah satu bukti multikulturalisme di Macao.

Untuk menuju ke sana, pengunjung bisa berjalan kaki. Dari Senado Square kira-kira diperlukan waktu hanya 30 menit untuk sampai ke tujuan. Namun, jika ingin lebih praktis dan menikmati sensasi lain, datang dulu ke Jardim da Flora. Dari situ pengunjung dapat menaiki cable car menuju puncak Guia Hill.

Naik cable car bisa menjadi pengalaman unik tersendiri. Pengunjung dapat menikmati suasana Macao dari ketinggian. Selain itu, melayang di udara dalam boks besi berdinding kaca terasa spesial. Sebuah hal menarik yang sayang untuk dilewatkan.

BANGUNAN BERSEJARAH

   Guia Fortress termasuk salah satu bangunan bersejarah yang ditetapkan oleh UNESCO dalam Historic Centre of Macao. Fakta ini membuat ada nilai plus lain ketika datang ke sini. Pengunjung bakal memperoleh pemahaman sejarah penting tentang Macao.

Pada awalnya, Guia Fortress berperan krusial dalam menjaga serangan Belanda pada 1622. Ketika itu, benteng tersebut belum jadi. Namun, berkat perjuangan berbagai pihak, Macao berhasil meredam gempuran.

Keberhasilan tersebut dirayakan dengan pendirian Victory Gardens pada 1871. Bahkan, tanggal 24 Juni yang merupakan tanggal pertempuran tersebut sempat diperingati sebagai City Day hingga tahun 1999.

Kisah heroik itu menjadi daya tarik tambahan bagi Guia Fortress. Nilai historinya begitu tinggi. Maka, wisatawan wajib mendatanginya ketika sedang berada di Macao.