20th macao logo circle

Berpetualang menjelajah Macao dan nikmati arsitektur, seni, tradisi, makanan dan komunitas di Macao yang mencerminkan integrasi budaya Cina, Barat dan Portugis.

East meets West!

Pilihan Sarana Transportasi Untuk Mengelilingi Macao

12 Nov, 2019
Pilihan Sarana Transportasi Untuk Mengelilingi Macao

Agar bisa maksimal dalam menikmati Macao, wisatawan bisa menggunakan sarana transportasi di macao. Gunakan beragam sarana transportasi yang tersedia. Semuanya nyaman dan memadai. Kebetulan pula area Macao tidak terlalu luas sehingga bisa diekplorasi dengan detail.

 Macao memiliki wilayah seluas 115,3 km2. Secara umum, kontur areanya datar sehingga nyaman untuk berjalan-jalan. Meski begitu, di beberapa bagian ada pula wilayah dengan topografi berbukit-bukit.

Dengan area seluas itu, Macao sangat mungkin untuk dikelilingi selama beberapa hari. Tidak perlu lama, wisatawan bisa menjelajahi setiap sudutnya untuk menemukan beragam keunikan di sana. Jika ingin melakukannya, pilih beberapa sarana transportasi yang tersedia berikut ini.   

Bus Umum

Inilah sarana transportasi publik yang lazim dipakai oleh masyarakat Macao kebanyakan. Bukan hal aneh karena bus umum menjangkau semua sudut kota. Pemberhentiannya ada berbagai titik di Macao Peninsula, Taipa, hingga Coloane. Bukan hanya itu, operasionalnya pun 24 jam sehingga sangat membantu.

Cara naik bus umum di Macao juga mudah. Di depannya ada nomor bus lengkap dengan jurusannya. Ini memudahkan siapa pun untuk menaikinya. Biasanya tarif bus umum adalah 6 pataca yang bisa dibayarkan pada saat masuk di kotak yang ada di bagian depan.

Tips Khusus: Manfaatkan Macao Pass jika ingin berkeliling dengan lebih murah. Kartu ini memberi harga bus umum yang lebih murah, yakni 4 pataca. Selain itu, Macao Pass bisa pula dipakai untuk berbelanja di beberapa supermarket.

Shuttle Bus

Bus yang disediakan gratis oleh sejumlah hotel dan tempat hiburan di Macao. Penumpang bisa menaikinya di sejumlah titik tertentu seperti di depan hotel, gerbang penyeberangan Zhuhai, Macao Ferry Terminal, Taipa Ferry Terminal, hingga Macao International Airport. Namun, pastikan untuk tahu jam keberangkatannya karena tidak setiap saat bus beroperasi.

   Meski gratis, shuttle bus umum di macao ini nyaman. Bus dilengkapi dengan AC serta terdapat kabin untuk barang yang luas. Cobalah menaikinya ketika ingin berpergian antara Macao Peninsula dan Cotai.

Tips Khusus: Penumpang bisa memilih sejumlah rute untuk mengelilingi Macao. Misal, jika ingin ke pusat, cari bus yang menuju Grand Emperor Hotel dan Wynn Macau. Lalu, kalau hendak ke area Cotai bisa memakai shuttle bus Venetian dan Studio City. Sedangkan, jika mau bepergian ke kawasan Taipa Villa, gunakanlah shuttle bus Galaxy Macao.

Sepeda

   Wisatawan dapat menggunakan sepeda untuk berkeliling Macao. Sarana transportasi ini paling cocok dipakai di area Taipa dan Coloane. Anda akan mendapatkan pengalaman unik ketika mengeksplorasi wilayah tersebut dengan bersepeda.

   Untuk bisa mendapatkannya, carilah persewaan sepeda yang banyak ditemui. Tarifnya ada di kisaran 20 pataca per jam. Ada berbagai jenis sepeda yang bisa disewa.

Tips Khusus: Jika ingin benar-benar nyaman bersepeda, cobalah untuk menjelajahi Taipa Waterfront Cycling Track. Area ini disiapkan untuk menikmati Taipa dari atas roda sepeda.

Taksi

   Taksi merupakan pilihan sarana transportasi yang efektif bagi yang ingin bepergian dengan cepat di Macao. Tidak usah khawatir dengan tarif. Pasalnya taksi di sini dipastikan menggunakan argo yang sesuai dengan standar.

   Biasanya tarifnya 19 pataca untuk 1,6 km pertama. Selanjutnya tarif menjadi 2 pataca untuk setiap 240 meter berikutnya. Wisatawan bisa menemukan taksi di sejumlah titik seperti hotel, pusat keramaian, hingga area wisata.

Tips Khusus: Manfaatkan aplikasi pemesanan taksi Macao yang kini banyak tersedia. Hal ini akan memudahkan untuk menemukan ataupun memanggil taksi.