20th macao logo circle

Berpetualang menjelajah Macao dan nikmati arsitektur, seni, tradisi, makanan dan komunitas di Macao yang mencerminkan integrasi budaya Cina, Barat dan Portugis.

East meets West!

Sensasi Menyeberang Dua Negara di Hong Kong Zhuhai Macao Bridge

13 Nov, 2019
Sensasi Menyeberang Dua Negara di Hong Kong Zhuhai Macao Bridge

Ingin melintasi tiga kawasan dengan otonomi pemerintahan berbeda hanya dengan satu jembatan? Itu bukan mustahil. Ketika sedang di Macao. Anda bisa melakukannya dengan menyeberangi lewat Hong Kong Zhuhai Macao Bridge (HZMB).

HZMB merupakan jembatan yang menghubungkan Hong Kong, Macao, dan Zhuhai di daratan utama Cina. Jembatan ini memanjang di atas laut Cina Selatan sepanjang 55 km. Ini menjadikan HZMB sebagai jembatan di atas laut terpanjang di dunia.

Posisi HZMB terbagi menjadi tiga bagian. Sepanjang 12 km ada di wilayah Hong Kong, 13,4 km di atas area Zhuhai, dan sisa 29,6 km ada di atas laut.

Keberadaannya sungguh unik karena melewati tiga area. Meski semua berada di bawah naungan Republik Rakyat Cina, namun kendali pemerintahannya berbeda-beda. Hong Kong dan Macao memiliki pemerintah otonom sendiri. Sedangkan Zhuhai yang berada di daratan utama ada di bawah Cina secara langsung.

Alhasil, ketika melintasinya, dipastikan pengunjungnya akan melewati dua negara berbeda. Sebuah hal yang sungguh unik karena hanya dilakukan melalui jembatan.

HZMB diresmikan pada 24 Oktober 2018 oleh Presiden Cina Xi Jinping. Butuh waktu sembilan tahun untuk membangunnya. Namun, jembatan ditargetkan bisa beroperasi hingga 120 tahun lamanya.

Kegunaan jembatan sungguh besar. HZMB bisa menghubungkan Macao, Hong Kong, dan Zhuhai dengan mudah. Sebagai gambaran, jika ingin menuju Macao, biasanya banyak yang menaiki kapal dari Hong Kong dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Namun, jika menggunakan HZMB, perjalanan bisa berkurang hanya dalam 40 menit belaka.

Untuk itu, disarankan untuk mencobanya ketika tengah menuju atau sedang berada di Macao. Melintasinya akan menghadirkan pengalaman spektakuler. Maklum saja, pelintas akan melaju di atas jembatan yang berdiri di tengah laut. Bisa dibayangkan suasananya bakal memesona.

Anda akan melintas dengan pemandangan perairan lepas. Terkadang terlihat pulau-pulau kecil di sekelilingnya. Lalu, ketika mendekati area utama, mulailah terlihat daratan yang indah.

Dibuka 24 jam penuh, HZMB juga semakin memudahkan pengguna. Mereka bisa memilih waktu yang pas untuk melintasinya. Selain itu, tersedia pilihan sarana transportasi yang tersedia mulai dari bus ata taksi.

TIPS UNTUK MELINTASI

HZMB menawarkan pengalaman yang memukau. Siapa pun wajib mencobanya. Namun, agar nyaman disarankan untuk tahu sejumlah hal terlebih dulu. 

Pertama dan yang utama siapkan paspor ketika hendak melintasinya. Seperti yang dipaparkan sebelumnya, HZMB terbentang menghubungkan wilayah dengan pemerintahan berbeda. Alhasil, pemeriksaan paspor akan dilakukan sejak keluar dari satu wilayah maupun masuk ke area lain.

Khusus di Macao, jalur menuju Hong Kong dengan HZMB dibuka 24 jam penuh. Pengunjung tetap bisa bepergian dari Macao ke Hong Kong setiap saat, tanpa perlu khawatir gerbang pemeriksaan paspor tutup. Kondisi ini berbeda dengan area lain yang tidak setiap saat selalu buka.

Namun, siapkan waktu khusus untuk naik bus. Pasalnya, bus yang menyeberangi HZMB baru akan berangkat setiap 10 hingga 15 menit sekali. Jadi, perhitungkan waktu sebelum bepergian.

Kondisi berbeda jika memilih taksi atau menyewa kendaraan pribadi. Pengunjung bisa melakukannya setiap saat. Namun, tentu saja mereka harus siap dengan biaya yang lebih mahal dibanding dengan naik bus.

Kendati demikian, hal tersebut akan terbayar dengan pemandangan yang ditawarkan HZMB. Suasana spektakuler akan dirasakan.  Terlebih ketika melintas pada senja hari dengan latar belakang lampu-lampu di kejauhan. HZMG bakal terlihat memesona.