Taipa Village Art Space Pamerkan Ilustrasi Karya Rui Rasquinho

Taipa Village Art Space Pamerkan Ilustrasi Karya Rui Rasquinho Taipa Village Art Space Pamerkan Ilustrasi Karya Rui Rasquinho

Dipublikasikan pada 2020-04-13 04:46:24 Share


Karya seni berkualitas tinggi kembali bisa dinikmati publik di Taipa Village Art Space. Kali ini aneka ilustrasi dan gambar goresan tangan Rui Rasquinho yang dipamerkan. Bertajuk “Who heeds a man who sits and wails out in the cold?”, karya-karya Rasquinho merupakan interpretasi visual dari sejumlah karya tulis pujangga-pujangga klasik kenamaan Cina.

            Rasquinho merupakan seorang seniman kelahiran Lisbon (Portugal) yang telah menetap di Macao sejak 1996. Di sana ia mengembangkan kemampuan seninya dengan menyerap berbagai pengaruh karya-karya oriental. Sebelumnya Rasquinho telah mengenyam pendidikan di Fine Arts Faculty di University of Porto serta Animation Cinema di Calouste Gulbenkian Foundation.

Sekian banyak lukisan, ilustrasi, hingga sketsa telah dihasilkannya. Namun, saat ini, Rasquinho akan menampilkan aneka karyanya yang terinspirasi dari berbagai karya tulis Cina kuno. Secara khusus, Rasquinho memang “memotret” karya beberapa pujangga yang kontroversial seperti Li He (tahun 790-816), Wang Chong (tahun 27-100), Huainanzi (tahun 139 sebelum masehi), hingga Wen Tzu (tahun 742).

            Sebelumnya Rasquinho rutin menampilkan karya-karya tersebut setiap pekan di Hoje Macau, sebuah koran berbahasa Portugal di Macao. Ia melakukannya secara kontinu dari tahun 2012 hingga tahun 2019. Kumpulan karya selama tujuh tahun itulah yang dipamerkan di Taipa Village Art Space saat ini.

            Karya-karya yang ditampilkan di sana pun beraneka ragam. Rasquinho mengeksplorasi petuah-petuah bijak pujangga Cina kuno lewat lukisan abstrak yang menjadi ciri khasnya. Namun, ia juga menampilkannya dalam orihon, sebuah jenis buku lipat khas Cina klasik. Deretan karya tersebut bakal membuat pengunjung mendapat perspektif lain dari sebuah karya seni grafis biasa. 

Pameran bisa dilakukan berkat dukungan penuh dari Taipa Village Cultural Association. Mereka merupakan organisasi nirlaba yang didirikan oleh berbagai pihak di Macao yang peduli terhadap seni dan kekayaan sejarah negerinya. Hadir sejak 2016, Taipa Village Cultural Association rutin menggelar berbagai pameran, workshop, hingga pertunjukan seni yang merepresentasikan keunikan dan keberagaman Macao.

Terkait ekshibisi karya Rasquinho, diwakili oleh President of the Executive Board João, Taipa Village Cultural Association merasa bangga bisa menyajikannya ke pecinta seni dan khalayak. “Sebagai seniman Portugal yang berbasis di Macao, dalam pameran tersebut, Rasquinho memperlihatkan evolusi kemampuan ilustrasinya. Dengan latar belakang multikultural dan multibahasa yang dimilikinya, karya-karyanya mengundang interpretasi dari penonton terhadap literatur Cina yang sangat digemarinya,” ujarnya.

Pameran digelar hampir tiga bulan. Dimulai pada 8 April 2020, ekshibisi ilustrasi karya Rasquinho baru berakhir pada 3 Juli 2020. Hal itu memberi kesempatan yang panjang bagi para penikmat seni untuk menghadirinya.

Publik diundang untuk menikmatinya secara langsung. Pameran akan dibuka setiap hari sejak pukul 12.00 hingga pukul 20.00 waktu setempat. Pengunjung bisa masuk ke Taipa Village Art Space tanpa bayaran alias gratis. Maka, segera masukkan perhelatan ini ke agenda untuk melengkapi kunjungan ke Macao.

Selain bisa menyaksikan karya-karya Rasquinho, pengunjung dapat menikmati Taipa Village Art Space. Berada di pusat pertokoan tradisional di jantung Taipa Village, galeri ini kerap menampilkan karya seni dari berbagai seniman lokal hingga internasional. Keberadaannya juga menjadi alternatif untuk menikmati eksotisme Taipa Village.

 

Nama Pameran       : Who Heeds a Man who Sits and Wails Out in the Cold? – Illustrations and Drawings by Rui Rasquinho

Waktu Pameran      : 8 April - 3 Juli 2020.

Jam Pameran          : 12.00 - 20.00

Lokasi Pameran     : Taipa Village Art Space, 10 Rua dos Clerigos, Taipa, Macao

Seniman Penampil : Rui Rasquinho

Tiket Masuk             : Gratis

Kembali