Pameran Sci-fi Pertama "MO2049" oleh Ricardo Lima

Pameran Sci-fi Pertama "MO2049" oleh Ricardo Lima

Dipublikasikan pada 2020-10-16 08:24:41 Share


Macao, Oktober 2020 - Asosiasi Kebudayaan Desa Taipa dengan gembira mempersembahkan pameran karya sci-fi pertama bertajuk "MO2049" oleh Ricardo Lima, seorang seniman konsep asal Portugal dan ilustrator. Pameran ini membawa perspektif yang sepenuhnya segar ke Macao - kota yang Ricardo Lima belum pernah kunjungi sebelumnya - koleksinya akan menampilkan serangkaian visi hiperrealitas yang mempesona dari interpretasi imajinatif masa depannya.

Sebagai seorang seniman konsep dan ilustrator berpengalaman dalam industri hiburan, Lima mengambil kesempatan untuk memiliki pengalaman baru dengan  mengadakan pertunjukan seni konsep langka di Taipa Village Art Space. Terinspirasi oleh berbagai film fiksi ilmiah, terutama "Blade Runner" (1982), "Akira" (1988),"Total Recall" (1990), "Ghost in the Shell" (1995), "Fifth Element"  (1997) dan "Dredd" (2012), Lima telah mengadopsi pendekatan yang diambil oleh sinema distopia  untuk menyajikan kemungkinan masa depan untuk Macao, menggambarkan hubungan antara kota metropolis kosmopolitan dan ibu pertiwi dalam wacana visual fiksi ilmiah. Dia telah memfokuskan imajinasinya. Masa depan Macao untuk menciptakan representasi yang kuat dari realitas baru melalui karya seninya, didorong oleh visinya "keinginan terus-menerus untuk menghidupkan dunia baru".

Evolusi cepat Macao telah mendorong Lima untuk menjelajahi transformasi kota menjadi tujuan menarik seperti New York, Shanghai, dan Hong Kong - semuanya berkembang, menjadi kota-kota yang sibuk dan terglobalisasi, sangat padat, beragam, mapan, dan dikemas dengan infrastruktur perkotaan yang canggih - yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Dalam pameran tersebut, Ruins St. Paul's direduksi menjadi hologram yang sangat besar dan sembrono serta latar untuk ruang terbuka pasar malam. The Grand Lisboa Casino akan digambarkan sebagai tempat pengaturan untuk area dermaga pusat kota di mana yacht dan sampan bertemu untuk memuat dan menurunkan barang dagangan dan penumpang.

Untuk memberikan ekspresi visual pada semangat dan transformasi kota menjadi sesuatu yang baru, ilustrasi digital Lima menghamparkan dua gambar dan dicetak menggunakan difraksi grating, perangkat optik berteknologi tinggi yang memisahkan cahaya menjadi warna penyusunnya dan menghasilkan spektrum polikromatik yang mengingatkan pada efek pencahayaan dalam film sci-fi. Itu meningkatkan visi futuristik dan menjiwai lingkungan yang ditangkap dengan kualitas yang jelas terhadap perubahan yang dinamis.

“Merupakan kehormatan bagi kami secara eksklusif untuk menghadirkan pameran karya seni konsep pertama untuk seni dan penggemar budaya di Macao, ”kata João Ó, Presiden Dewan Eksekutif di Asosiasi Kebudayaan Desa Taipa. “Kami senang memanfaatkan kesempatan ini untuk mengundang seniman dan pengunjung untuk menjelajahi Macao dari sudut pandang yang luar biasa, juga menjembatani Timur dan Barat lama dan baru, untuk mengenang dari perspektif baru atas kemunculan awal wilayah itu sebagai tempat yang penuh dengan vitalitas dan intrik. "

Asosiasi Kebudayaan Desa Taipa terus menyatukan upaya lokal dan bakat seni internasional dengan memamerkan banyak karya seni di Taipa Village Art Space. Pameran seni konsep ini semakin memperkuat Desa Taipa sebagai tujuan budaya dan seni terkemuka di Macao, memberikan kontribusi yang signifikan untuk mempromosikan wilayah tersebut dalam hal industri budaya dan kreatif.

Periode Pameran: 7 Oktober 2020 – 8 Januari 2021

Jam buka: 12.00 - 20.00

Tempat: Ruang Seni Desa Taipa, 10 Rua dos Clerigos, Taipa, Macao

Artis: Ricardo Lima

Media: Ilustrasi Digital

Biaya masuk: Gratis

 

Untuk informasi lebih lanjut dan gambar, silahkan hubungi:

Pamela Chan / Kaman Un (Asosiasi Kebudayaan Desa Taipa)

Telp: (853) 2857 6212 / (853) 2857 6116

Email: [email protected] / [email protected]

 

Keterangan Lengkap Kembali